Jumat, 12 Agustus 2011

Melati Putih (JASMINUM SAMBAC)







 Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Oleaceae
Genus: Jasminum
Spesies: J. sambac
Nama binomial
Jasminum sambac







Apakah Teman - Teman tau apa itu Bunga Melati Putih  ?



MELATI PUTIH  atau bisa di sebut juga dengan JASMINUM SAMBAC atau sinonimnya
NYCANTHES SAMBAC ini  adalah spesies melati yang berasal dari Asia Selatan yang berada di Negara FILIPINA, MYANMAR, SRILANKA, dan INDIA. 


Penyebaran Tumbuhan ini dimulai dari HINDUSTAN ke INDOCINA, MALAYSIA, FILIPINA hingga sampai di Negara kita yaitu  INDONESIA.

Bunga ini menjadi satu dari tiga BUNGA NASIONAL INDONESIA atau sebagai PUSPA BANGSA.

Melati putih tumbuh di pekarangan dan dapat digunakan sebagai tanaman pagar. Ketinggiannya dapat mencapai 2 meter.

Batang

Menurut jenis batangnya, tumbuhan melati  ini dapat digolongkan sebagai semak, batangnya berkayu dengan tinggi kurang dari 5 meter. Batangnya sedikit berbulu halus dan jarang.

Daun

Melati putih merupakan tumbuhan dengan daun majemuk menyirip PINNATUS,  yang berarti  daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan dan kiri ibu tangkai daun tersusun seperti sirip pada ikan. Kedudukan daun batang FILOTAKSIS berjenis APPOSITE dengan setiap buku terdapat dua lembar daun yang berhadapan.
Daunnya hanya memiliki tangkai dan helaian saja, berbentuk OVATE, pangkal daun berbentuk setengah lingkaran sedangkan pada ujung daun dan agak sedikit meruncing, seperti daun-daun yang biasa digambarkan.
Kemudian  Pinggir daun tidak rata dan sedikit bergelombang. Permukaan daun agak sedikit berkerut seperti daun jambu biji yang  pertulangan daun menyirip mengikuti bangun daun yang oval. Jadi terkesan pertulangan daunnya agak melengkung.


Bunga

Bunga melati selalu berwarna putih. Walau tumbuhan ini  mempunyai ukuran yang bisa dikatakan kecil akan tetapi tumbuhan melati ini  mengeluarkan aroma  yang wangi dan  dapat dimanfaatkan dalam kesehatan, terutama dalam refleksi dan menghilangkan stress.  
Jasminum sambac ini  merupak bunga majemuk, memilki ibu tangkai bunga yang keluar dari ketiak daun. Susunan bunganya menyirip dan berhadapan. Bagian-bagian bunganya terdiri dari tangkai anak bunga yang di ujungnya terdapat daun pelindung berbentuk benang berjumlah 7 helai, disambung dengan tangkai bunga. Saat mekar bunga yang memilki 7 mahkota berlapis-lapis ini akan berbentuk datar sehingga pada bunga jenis ini tidak ditemukan kelopak bunga. Bunga Jasminum sambac punya ANDRECIUM (alat kelamin jantan) ditandai dengan adanya stamen yang terdiri dari kepala sari,  tangkai sari, kotak sari, dan serbuk sari, dan juga mempunyai alat kelamin betina yang terdiri dari kepala putik, tangkai putik dan bakal buah.
Namun alat kelamin ini tidak produktif sehingga tidak menghasilkan buah. Posisi stamen berada dalam rongga tangkai bunga, tidak terlalu terlihat dan untuk mengamatinya harus membelah bunganya terlebih dahulu. Posisi kepala putik pun  lebih pendek dibandingkan kepala sarinya.
Bunga ini dapat mekar selama 2 hari kemudian mahkotanya berubah warna menjadi ungu kebiru-biruan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar